Pantangan Makanan dan Minuman Bagi Penderita TBC Paru

Pantangan Makanan dan Minuman Bagi Penderita TBC Paru
Makanan Berminyak
Makanan berminyak adalah pantangan makanan penderita TBC yang paling utama. Makanan berminyak yang paling mudah untuk dijumpai adalah berbagai jenis gorengan, seperti: ayam goreng, ikan goreng, kentang goreng, onion ring, jajanan gorengan (tahu, tempe, bakwan).
Makanan berminyak seperti gorengan ini sangat tinggi kandungan lemak jenuhnya, yang dapat memperburuk gejala yang menyertai TBC serta membuat peradangan semakin parah. Solusi yang lebih baik adalah dibandingkan dengan memasak dengan cara menggoreng lebih baik diganti dengan cara kukus / steam.

Alkohol
Semua jenis alkohol sebaiknya Anda hindari sama sekali, apalagi bagi Anda yang sedang menjalani pengobatan dokter selama 3 bulan atau lebih. Karena alkohol akan semakin memberatkan fungsi liver Anda, padahal liver sudah cukup tertekan dan harus bekerja lebih keras akibat konsumsi obat-obatan TBC dari dokter setiap harinya.

Minuman Berkafein
Hindari minuman berkafein tinggi seperti kopi dan teh yang pekat, karena merupakan stimulan TBC. Jika Anda ingin sekali minum teh, maka teh hijau adalah solusinya. Karena menurut University of Maryland Medical Center, teh hijau bebas kafein serta mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk pengobatan TBC.

Makanan dan Minuman Berpengawet Tinggi
Pantangan makanan untuk penderita TBC selanjutnya adalah makanan yang mengandung zat kimia tinggi, seperti bahan pengawet. Karena zat pengawet yang masuk ke dalam tubuh akan semakin melemahkan daya tahan tubuh pasien. Sedangkan tubuh memerlukan imunitas untuk melawan infeksi bakteri. Contoh makanan yang mengandung banyak zat kimia adalah daging olahan (daging asap, sosis, dll.), makanan kemasan, dan makanan kaleng serta soft drink.

Daripada makanan yang mengandung bahan kimia, sebaiknya pasien mengkonsumsi makanan fresh yang berbahan baku serba organik. Yang akan semakin meningkatkan kekebalan tubuh pasien, sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat.

Comments

Popular Posts